Halaman

Sabtu, 03 Juli 2010

Kelanjutan Studi


Tes SNMPTN di UNLAM udah kelar. Pada akhirnya aku ucapkan: nggak ada harapan. Bukannya putus asa, tapi aku nggak mau terlalu berharap kepada sesuatu yang sangat tinggi untuk kucapai (duh, bahasanya).
Pendidikanku berlatarbelakang pesantren, habitat aslinya itu kalo mau kuliah, ya ke STAIN, IAIN, UIN ato malah lanjut lagi ke pesantren yang lain. Mungkin kami anak-anak pesantren ini memang harus kembali ke habitat masing-masing jika nggak ingin dikacangin orang. Cuma segelintir orang yang mungkin kapasitasnya mampu untuk memutar haluan, seperti ngambil jurusan yang secara kasat mata nggak relevan dengan pelajaran di pesantren.
Kalo aku sih nunggu pengumuman ITN Malang dulu. Aku rencananya ngambil komunikasi di Elektro. Sebenarnya aku benar-benar blank, apa itu komunikasi? Belajar apa? Lalu ujung-ujunnya jadi apa!? Tapi kenapa ya, itu malah menggodaku untuk mempelajarinya.
Di sisi lain aku juga masih bingung. Seandainya aku lulus di ITN dan lulus juga di IAIN Antasari, aku milih yang mana? Aku masih ingin memperdalam agamaku. Nggak ingin jauh dari lingkungan relegius. Soalnya di lingkungan relegius aja aku nggak karuan gini, apalagi di lingkungan bebas. Sementara itu aku juga ingin cari angin baru di ITN. Selama ini seperti yang diketahui oleh Malaikat Pencatat, aku ini belajar di pesantren. Makanya itu mau cari yang baru.
Namun pada akhirnya, di mana pun aku melanjutkan studiku, aku berharap dapat berbuat semaksimal mungkin dalam hal-hal positif. Entah itu aku di IAIN ataupun di ITN ato Allah berkehendak lain di antara dua itu, sekolah di Oxford misalnya, yang secara kasat mata mempelajari ilmu yang nggak sama, mempunyai kegunaan masing-masing, tapi sumber ilmu itu hanya satu yaitu Allah. Dan aku berharap dengan ilmu itu aku nggak celaka.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

IAIN menunggu orang-orang berjanggut sepertimu...
Lanjutkan!!!

M.ilham mengatakan...

@ Zianxfly
Aku ITN Waluh ae...!

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.